Label

Minggu, 14 Oktober 2012

STRUKTUR ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN



Oleh: Syahrul Takim


A.      PENDAHULUAN
Dalam hidup manusia akan memperoleh kebahagiaan jika di dasarkan pada keselarasan dan keseimbangan hidup pribadi, dalam hubungan dengan masyarakat, bangsa, alam maupun dengan Tuhannya. Dengan demikian kekuatan manusia itu tidak hanya terletak pada fisiknya semata, juga kemampuan untuk bekerjasama dengan sesama manusia lainnya.
Pernahkan anda membaca yang diungkapkan oleh para futurist seperti Alvin Toffler, John Naisbit, Frank Feather, Kenichi Ohmae, Ervin Laszlo, Dimitri Mahayana dll.yang dapat kita pergunakan sebagai refrensi mengenai konten yang terkait dengan informasi masa depan bahkan infrmasi tersbut begitu banyak kita peroleh setelah memasuki abad 21.
Yang menjadi pertanyaan kita adalah begitu banyak informasi mengenai masa depan, adakah informasi itu dapat dimanfaatkan bagi anda untuk menggerakkan kekuatan berpikir. Inilah satu kenyataan yang kita hadapi bahwa begitu banyak infomasi yang kita miliki tapi kita tidak dapat mempergunakan kedalam suatu proses menjadi bermanfaat.
Oleh karena itu, diperlukan daya dorong untuk menggelorakan jiwa besar kepemimpinan untuk merubah dari pemahaman konten menjadi proses melalui kemampuan dengan membuat pertanyaan dengan mengungkit : Kesadaran dalam What to do ; Kecerdasan dalam Why to do it : Akal dalam How to do it ; Niat dan hasrat dalam When to do it. Dengan mengungkit alat pikiran melalui pertanyaan yang kita kemukakan tersebut, maka arus pikiran anda mampu menggerakkan energi dan informasi yang ada dalam diri anda berarti yang anda merencanakan bahwa tindakan hari ini lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.
Dengan pemikiran tersebut dapat mendorong keinginan Tahuan untuk memahami lebih mendalam dalam menghadapi ketidakpastian, sehingga mencari jawaban bagaimana suatu pemahaman keorganisasian dapat diterima dan diterapkan dalam menyongsong gelombang perubahan dengan kesamaan visi dalam sebuah keorganisasian agar dapat menuntun pola pikir lama ke pola pikir baru artinya kesenjangan itu terjadi karena sikap dan perilaku kita yang bersifat reaktif, dalam menghadapi setiap masalah yang timbul. Sedangkan yang dibutuhkan adalah kemampuan menggelorakan jiwa besar managerial dalam usaha mencari jawaban atas “bagaimana cara membantu orang lain mencapai potensi penuh mereka”.
Sejalan dengan pikiran itu, maka diperlukan suatu kemampuan managerial keorganisasian untuk membangun dan mengembangkan prinsip-prinsip keorganisasian yang mampu memiliki kompetensi untuk menggerakkan orang lain menjadi suatu “kepribadian yang berkiblat kepada prestasi bukan kepada berkiblat kepada manusia”, sehingga mampu membangun iklim untuk menumbuh kembangkan makna aplikasi dari usaha-usaha yang berencana dan terarah dalam mendorong orang untuk melakukan perubahan dalam menggerakkan kekuatan berpikir dari yang reaktif menjadi proaktif.
Dalam keadaan operasional keorganisasian jelasnya membutuhkan kehadiran sosok pemimpin sebagai leader untuk menggerakkan atau mempengaruhi bawahan atau anggota untuk dapat berkerja sama dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Nabi SAW pernah berkata : "Jika ada tiga orang diantara kamu wajib ditunjuk satu orang sebagai pemimpin". Hadist diatas menerangkan bahwa betapa pentingnya mengorganisir banyak orang yang lebih dari dua, yang tentunya pula dalam satu pandangan dan tujuan untuk berbagi peran dan penghasilan. Misalnya pekerjaan itu adalah membuat bangunan maka tidak semua orang sama-sama menggergaji kayu, atau sama-sama mengaduk semen, namun harus ada yang bertugas sebagai arsitek, tukang, kuli dan lain-lain, maka iklim organisasi yang baik terletak pada kelengkapan fungsi dan wewenang keorganisasian yang dibagi secara proporsional.

B.       PENGANTAR MANAJEMEN DAN ORGANISASI
1.      Konsep  Manajemen.

Setiap kegiatan dimana saja dan apa saja yang melibatkan orang-orang dan memerlukan kerjasama, apakah itu kegiatan yang sifatnya profit oriented atau non profit oriented, pasti sarat dengan manajemen, seperti halnya mengelola, mngatur organisasi (Perusahaan), ormas atau perkumpulan olah raga dan lain sebagainya, baik pengelolaannya secara forml, modern atau tradisonal karena pola intinya manajemen itu adalah to manage, bagaimana mengatur, apa yang di atur dan siapa yang mengaturnya, kemudian untuk apa hal itu diatur. Pernyataan-pernyataaan diatas menggambarkan betapa sangat urgennya manajemen dalam pelaksanaan suatu organisasi sedangkan Pengertian Manajemen dari beberapa literature dapat di temukan sebagai berikut :
SP. Malayu Hasibuan, menggambarkan bahwa manajemen adalah sebagai ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan SDM (Sumber Daya Manusia) dan SDNM (Sumber Daya Non Manusia) lainya secara efekti dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Lebih lanjut GR Terry memberi pengertian bahwa manajemen Is Distince Process Consisting of Planning, Organising, Actuating and Controling Performed to Determme and accomplish stated objectives by us of human being and other resources.
Menurut Goerge R. Terry dan Leslie W. Rue dikemukakan bahwa : Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
Menurut James A F Stoner dalam bukunya Management, diungkapkan bahwa : Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
T. Hani Handoko menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling).
Dengan demikian, manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
a.      Aktivitas Manajemen Organisasi
Secara khusus manajemen organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi, dimana :
1)      effective is to do the right something. Dimana efektif merupakan pencapaian tujuan atau target.
2)      efficiens is to do the something right . sedangkan efisien adalah cara dalam mencapai tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau pemborosan.
Sehingga dalam menjalankan roda organisasi dengan menggunakan sedikit mungkin sumberdaya namun mencapai tujuan yang maksimal.

b.      Aktivitas (Fungsi Utama) Manajemen
Aktivitas utama atau fungsi utama manajemen adalah :
1)      Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa.
Gagal dalam merencanakan artinya merencanakan kegagalan, sehingga lebih baik bersimbah keringat di saat latihan daripada bersimbah darah di medan perang.
2)      Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien. (T.Hani Handoko)
Sedangkan fokus pada tahap pengorganosasian adalah :
a)      Apa saja tugas yang harus diselesaikan?
b)      Siapa yang yang mengerjakannya?
c)      Bagaimana tugas-tugas dikelompokkan?
d)     Siapa melapor ke siapa?
e)      Dimana keputusan harus dibuat?

3)      Aktualisasi (Aktuiting)
Penyusunan personalia (staffing) adalah penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan, serta penempatan dan pemberian orientasi para karyawan dalama lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif. Dalam pelaksanaan fungsi ini manajemen menentukan persyaratan-persyaratan mental, phisik, dan emosioanal untuk posisi jabatan yang ada melalui analisa jabatan, deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan dan kemudian menarik karyawan yang diperlukan dngan karakteristik personalia tertentu. Seperti keahlian, pendidikan, umur, latihan, dan pengalaman. Fungsi ini mencakup kegiatan-kegiatan seperti pembuatan sistem penggajian untuk pelaksanaan yang efektif; penilaian karyawan untuk promosi, transfer, atau bahkan demosi dan pemecatan; serta latihan dan pengembangan karyawan.
Beberapa literatur manajemen memasukan fungsi stafings sebagai sebagian dari fungsi organizing. Ada juga yang menempatkan stafing sebagai hal yang terpisah dari fungsi manajemen dan memperlakukan sebagai sebagian dari fungsi kepemimpinan (leadership). Dalam pembahasan disini, fungsi stafing diuraikan terpisah sebagai salah satu fungsi manajemen, karena penulis memandang bahwa perkembangan dunia bisnis (dimana sumberdaya manusia merupakan kunci sukses perusahaan) menyebabkan fungsi tersebut menjadi semakin penting. Tetapi dalam pembahasan selajutnya, fungsi ini ditetapka pada satu bagian dengan fungsi pengorganisasian untuk menekankan bahwa sebenarnya kedua fungsi tersebut saling berkaitan erat-pengorganisasian merancang ”wadahnya”, dan fungsi stafing memberi ”isinya”.
Sesudah rencana dibuat, organisasi dibentuk dan disusun personaliannya, langkah berikutnya adalah menugaskan karyawan untuk bergerak menujun tujuan yang telah ditentukan. Fungsi pengarahan (leading), secara sederhana, adalah untuk membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan, dan harus mereka lakukan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan seperti komunikasi, motifasi dan disiplin. Fungsi leading sering disebut dengan bermacam-macam nama, antara lain leading, directing, motifating, actuating atau lainnya.
Bila fungsi perencanaan dan pengorganisasian lebih banyak menyangkut aspek-aspek abstrak proses manajemen, kegiatan pengarahan langsung menyangkut orang-orang dalam organisasi.

4)      Pengawasan (Controling)
Semua fungsi terdahulu tidak akan efektif tanpa fungsi pengawasan (controlling), atau sekarang banyak digunakan istilah pengendalian. Pengawasan (controlling) adalah penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Hal ini dapat positif maupun negatife. Pengawasan positif mencoba untuk mengetahui apakah tujuan organisasi dicapai dengan efisien dan efektif. Pengawasan negatife mencoba untuk menjamin bahwa kegiatan yang tidak diinginkan atau dibutuhkan tidak terjadi atau terjadi kembali.
Fungsi pengawasan pada dasarnya mencakup empat unsur yaitu:
a)      Penetapan standar pelaksanaan,
b)      Penentuan ukuran-ukuran pelaksanaan,
c)      Pengukuran pelaksanaan nyata dan membandingkannya dengan standar yang telah ditetapkan, dan
d)     Pengambilan tindakan koreksi yang diperlukan bila pelaksanaan menyimpang dari standar.
Dengan demikian untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui proses manajemen tersebut, tentunya dimulai dari pada bagaimana memahami dirinya sendiri sebagai manajer atau pimpinan tentang gaya atau seni yang akan ditetapkannya, bagaimana kemampuan dan kecakapan yang dimilikinya dan srategi apa yang digunakan untuk mempercepat proses pelaksanaan pencapaian tujuan tersebut, yang pada akhirnya capaian yang diinginkan tersebut dapat berjalan secara efisien dan efektif atau berdaya guna dan berhasilguna. Manajemen yang baik adalah bagaiman alur implementasinya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tanpa troble dan sesuai denga prinsip-prinsip dan fungsi manajemen, namun demikian dalam kenyataan operasional dilapangan tidak semudah dan segampang yang dibahas dalam berbagai teori manajemen, mengapa?
Dilihat dari segi kepentingan individu atau organisasi sering sekali sulit disingkronkan karena memiliki kepentingan yang berbeda yang apabila tidak dmampu sikendalikan maka akan terjadi apa yang disebut dengan Mess Manajemen, dengan katalain terjadinya penyimpangan yang pada ujungnya dapat merugikan organisasi itu sendiri atau bias saja pihak lain, hal inilah yang menjadi sebuah tantangan bagi seorang pemimpin organisasi, oleh karena itu seorang pemimpin yang baik tidak cukup hanya dibentengi kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun diperlukan sikap dan mental yang baik. Karena sikap dan mental yang baik tentunya dapat mengontrol dan mengimbangin keinginan yang kurang baik. Hubungan diantara fungsi-fungsi manajemen dapat dijelaskan pada gambar berikut ini : 


2.      KONSEP ORGANISASI
Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip. Sementara Pengorganisasian berasal dari istilah organism yang merupakan sebuah entitas dengan bagian-bagian yang terintegrasi dimana hubungan mereka satu sama lain saling berkaitan secara utuh. Bisa juga diartikan sebagai sebuah tindakan yang mengupayakan hubungan prilaku efektif antara orang-orang yang dapat bekerjasama secara efisien sehingga memperoleh kepuasan pribadi dalam melaksanakan tugas tertentu dalam lingkungan tertentu untuk mencpai tujuan dan sasaran tertentu sehingga singkat kata dapat simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Dan pada prinsipnya setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a. Orang-orang (sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan yang ingin dicapai.

a.      Pengembangan Organisasi
1)      Pengertian Pengembangan Organisasi
Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.
2)      Alasan akan pentingnya pengembangan Organisasi
a)      Perubahan adalah pertanda kehidupan
b)      Perubahan memberikan harapan
c)      Pengembangan merupakan tanggapan atas perubahan
d)     Pengembangan merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal baru (perubahan)
3)      Metode Pengembangan Organisasi
a)      Metode Pengembangan Perilaku
b)      Jaringan Manajerial (managerial Grid)
c)      Latihan kepekaan
d)     Pembentukan Tim
e)      Umpan Balik Survei

b.      Fungsi-fungsi organisasi :
1)      Mengatur tugas dan kegiatan kerjasama sebaik-baiknya ;
2)      Mencegah kelambatan-kelambatan kerja serta kesulitan yang dihadapi ;
3)      Mencegah kesimpangan kerja ;
4)      Menentukan pedoman-pedoman kerja.

c.       Keuntungan-keuntungan Organisasi :
1)      Organisasi yang baik memberikan keuntungan sebagai berikut :
2)      Setiap orang akan mengerti tugasnya masing-masing ;
3)      Memperjelas hubungan kerja para anggota organisasi ;
4)      Terdapat koordinasi yang tepat antar unit kerja ;
5)      Menggunakan tenaga kerja sesuai dengan kemampuan dan minat ;
6)      Agar kegiatan administrasi dan manajemen dapat dilakuakn secara efektif dan efisien.
d.      Bentuk organisasi.
Secara sederhana organisasi dapat diberi pengertian sebagai suatu system yang saling berpengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Lengkapnya dapat dinyatakan sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugas masing-masing, utamanya lagi kesatuan tersebut mampunyai batas-batas yang jelas sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya (Lubis dan Martin,1989).

e.       Otoritas dalam organisasi.
Ortoritas bisa diartikan kekuasaan resmi dan legal untuk menyurh fihak laian bertindak dan taat kepada pihak yang meilikinya. ketaaatan lahir bisa melalui persuasi, sanksi-sanksi, permohonanan, paksaan dan kekuatan. otoritas juga berkaitan dengan kekuasaan sebagai suatu pengaruh yangkuat yang bersifat mengendalikan atas pengarahan prialku seseorang. otoritas juga bisa diterima oleh bawahan dengan alasan untuk mencapai persetujuan dan diterima oleh pekerja lainnya. untuk memberikan sumbangsih kepada suatu tujuan yang dianggap berfaedah, gunamenghindari diterapkannya tidandakan disipliner, agar tidnakan sesuai dengan standar-standar moral yang berlaku selain untuk memperoleh balas jasa.


Ada berbagai macam otoritas yaitu:
a)     Otoritas garis (line authority).
Hubungan otoitas atasan-baahan, dimana seorang atasan mengambil keputusan dan memberitahukannya kepada seorang bawahan yang kemudian membuat keputsuan dan memberitahukannya kepada seorang bawahan lagi dan seterusnya membnetuk sebuah gars dari puncak sampai tingkatterbawah sebuah struktur organisasi.
b)     Otoritas staft
Perkataan staf secara arfiah berarti sebuah tongkat yang dipegang untuk menunjang tubuh. maka oleh karenanya otoritas staf semuala berarti otoritas yang dipergunakan untuk menunjang otoritas garis. staf diartikan bantan dan ia tujukan untuk membantu fihak yang memiliki otoritas.
C.      Tata Kerja Dan Mekanisme Organisasi
1.      Struktur Kekuasaan.
Kekuasaan dipegang oleh Kongres, Kofercab/Musyawarah Cabang dan Rapat Anggota Komisariat.
a.       Kongres. (Pasal 11 ART HMI)
1) Status Kongres
a)      Kongres merupakan musyawarah utusan Cabang-cabang.
b)      Kongres memegang kekuasaan tertinggi organisasi.
c)      Kongres diadakan 2 (dua) tahun sekali.
d)     Dalam Keadaan luar biasa, Kongres dapat diadakan menyimpang dari ketentuan pasal 11 ayat (c).
e)      Dalam keadaan luar biasa Kongres dapat diselenggarakan atas inisiatif satu Cabang dengan persetujuan sekurang-kurangnya melebihi separuh dari jumlah Cabang penuh.
2)      Kekuasaan / Wewenang (Pasal 12 ART HMI)
a)      Meminta laporan pertanggungjawaban Pengurus Besar.
b)      Menetapkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Pedoman-pedoman Pokok, Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dan Program Kerja Nasional.
c)      Memilih Pengurus Besar dengan jalan memilih Ketua Umum yang sekaligus merangkap sebagai formateur dan mide formateur.
d)     Menetapkan Anggota Majelis Pengawas dan Konsultasi (MPK) Pengurus Besar.
e)      Menetapkan calon-calon tempat penyelenggaraan Kongres berikutnya.
f)       Menetapkan dan mengesahkan pembentukan dan pembubaran Badan Koordinasi (BADKO).

b.      Konferensi Cabang/Muscab (Pasal 14 ART HMI)
1)   Status Konferensi Cabang/Muscab

a)   Konferensi Cabang (KONFERCAB) merupakan musyawarah utusan Komisariat.
b)   KONFERCAB merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di tingkat Cabang.
c)   Bagi Cabang persiapan diselenggarakan Musyawarah Anggota Cabang (Muscab).
d)  KONFERCAB / MUSCAB diselenggarakan satu kali dalam setahun
2)      Kekuasaan Dan Wewenang (Pasal 15 ART HMI)
a)   Meminta Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus Cabang.
b)   Menetapkan Pedoman Kerja Pengurus Cabang.
c)   Memilih Pengurus Cabang dengan jalan memilih Ketua Umum yang merangkap sebagai Formateur dan dua Mide Formateur.
d)  Menetapkan Anggota Majelis Pengawas dan Konsultasi (MPK) Pengurus Cabang.

c.       Rapat Anggota Komisariat (RAK) (Pasal 17 ART HMI)
1)      Status Rapat Anggota komisariat (RAK)
a)      Rapat Anggota Komisariat (RAK) merupakan musyawarah Anggota Biasa Komisariat.
b)      RAK diadakan satu kali dalam satu tahun.
2)      Kekuasaan Dan Wewenang (Pasal 18 ART HMI)
a)      Meminta Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus Komisariat.
b)      Menetapkan Pedoman Kerja Pengurus Komisariat dan Program Kerja Komisariat.
c)      Memilih Pengurus Komisariat dengan jalan memilih Ketua Umum yang merangkap sebagai formateur dan kemudian dua mide formateur.
d)     Menetapkan Anggota Majelis Pengawas dan Konsultasu (MPK) Pengurus Komisariat.

D.      Penutup
1.      Kesimpulan.

Dari pembahasan mengenai Struktur Organisasi dan Kepemimpinan dalam menjalankan kegiatan organisasi HMI maka perlu kiranya diambil suatu kesimpulan sebagai berikut :
1.  Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai dengan perpaduan antara ilmu dan seni lewat proses sistematis, terkoordinasi, terintegrasi, dan kooperatif dalam memanfaatkan unsur - unsur 6M yang kesemuaan itu baru dapat diterapkan, jika ada 2 orang atau lebih melakukan kerjasama dalam suatu organisasi yang memiliki (POAC).
2. Organisasi hanya merupakan alat atau wadah dalam mencapai tujuan dalam proses implementasinya harus berpedoman bagaimana mengorganisasikan menciptakan kerjasama pasti bisa dalam pencapaian keseimbangan dan keharmoniskan dalam lingkungan organisasi.
B.  Saran
Dekade ini ditandai dengan berkembangnya konsep IT (Institutional Technology), penggunaan tehnologi mendominasi semua aktivitas, dan merupakan kesadaran awal akan pentingnya pengembangan tehnologi. Tehnologi yang bukan tehnologi inti (core technology) ditransfer ke Negara-Negara dunia ketiga.
Kegiatan keorganisasian terfokus pada penyesuaian dengan kebutuhan lapangan dan lebih berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia, dan modal. Organisasi dekade ini memandang pentingnya kerjasama antara supplier dan pelanggan, oleh karena itu untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan organisasi harus betul-betul mendesain produk secara baik sebelum dilepas ke pasaran.
Ide-ide yang berkembang pada organisasi dekade ini adalah pemikiran tentang kompetensi mendasar yang harus dimiliki organisasi, sistem manajemen yang terintegrasi, partisipasi dan demokratisasi dalam organisasi. Perkembangan masa datang sangat dipengaruhi oleh berkembangnya akumulasi perkembangan tehnologi.
Situasi lingkungan dan organisasi akan bergantung terhadap apa yang akan diperbuat dalam tehnologi sebagai efek berkembangnya tehnologi inormasi (effect of full IT implementation).
Sehingga peran management merupakan suatu keharusan yang tidak dapat di lepas pisahkan dengan pengembangan organisasi sebagai bentuk pengarahan, pengaturan dan pengelolaan dalam rangka pencapaiaj tijuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Managemen yang baik akan melahirkan kualitas organisasi yang baik pula, yang bersumber dari kepuasan bersama serta peran manager dalam menjalankan fungsinya di setiap aspek kehidupan berorganisasi turut mempercepat pencapaian target organisasi.


DAFTAR PUSTAKA

Hafidzi, Z.A. "Diktat Pcngantar Manajemen ", Fakultas Ekonomi, 2002,
George, R. Terry, "'Asas-asas Manajemen", Cet.II; Jakarta: Pustaka Raya, 1979.
SP. Siagian, "Teori dan Praktik Kepemimpinan, Cet.II; Jogjakarta: Rineka Cipt, 1999
Konstitusi Himpunan Mahasiswa Islam; Hasil-Hasil Kongres XXVI, Palembang: PB HMI 2008 



2 komentar: